Cara Merubah maximal / Limit Upload File di CMS WordPress

Pernah / bahkan sering gagal upload file saat bermain di CMS wordpress..??
Terkadang kita mau upload themes/import data ke website kita dengan file yang agak besar. tapi sayang default maximal file upload di wordpress adalah 2 MB. diatasnya pasti gagal.
 Untuk mengatasi limit upload ini sebenarnya anda bisa melakukan upload manual via FTP Client seperti filezilla. Dengan filezilla ini, berapapun ukuran filenya tidaklah menjadi sebuah masalah untuk anda upload.

Tapi gak perlu khawatir, dibawah ini adalah tips merubah dan menentukan ukuran limit upload file wordpress menjadi sesuai dengan keinginan anda.

Ini buktinya: 



  1.  Menggunakan functions.php
    Cara yang satu ini cukup sederhana, anda tidak perlu masuk ke server anda. Dengan cara ini anda hanya butuh mengedit konfigurasi file functions.php theme anda. Untuk mengeditnya silahkan anda masuk ke menu Appearance, lalu pilih editor dan carilah file functions.php kemudian anda tambahkan kode berikut ini :
    @ini_set( 'upload_max_size' , '64M' );
    @ini_set( 'post_max_size', '64M');
    @ini_set( 'max_execution_time', '300' ); 
     
  2. Menggunakan .htaccess
    Sama halnya dengan php.ini, .htaccess juga mengharuskan anda untuk masuk ke server baik dengan panel maupun dengan FTP Client. Sayangnya tidak semua hosting juga memberikan .htaccess. Sebagai solusinya anda bisa membuat file .htaccess Jika anda ingin membuatnya sendiri silahkan masukkan kode dibawah ini ke .htaccess anda.
    php_value upload_max_filesize 64M
    php_value post_max_size 64M
    php_value max_execution_time 300
    php_value max_input_time 300
    
    Setelah file .htaccess anda selesai dibuat silahkan anda upload menggunakan FTP Client atau melalui Panel dan tempatkan di direktori utama website anda.
  3. Menggunakan PHP.ini
    Tidak semua penyedia jasa webhosting menyediakan php.ini, namun anda tentu dapat membuatnya sendiri secara manual, anda bisa menggunkan notepad, notepad++ dan sejenisnya. Silahkan masukan kode berikut ke dalam php.ini yang anda buat dan jika sudah selesai anda bisa menguploadnya melalui panel atau FTP Client seperti filezilla  :
    upload_max_filesize = 64M
    post_max_size = 64M
    max_execution_time = 300 
    
Diatas adalah pengaturan perubahan limit 2MB menjadi 64MB, tentu anda dapat menggati 64MB tersebut dengan angka berapun sesuai dengan kebutuhan anda. Khusus untuk opsi pertama yang melakukan perubahan melalui functions.php, jika dengan 64MB tidak dapat berjalan dengan sukses, silahkan dicoba dengan ukuran file yang lebih kecil, misalnya 10MB.

Selamat mencoba.
Share on Google Plus

About BSM Computindo

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment



Ada yang perlu Anda tanyakan?Link error,kritik dan saran..?Silahkan sampaikan di kolom komentar dibawah ini.

1. Klik select profile -->> pilih Name/URL.
2. Isi nama Anda dan isi URL dengan alamat Facebook Anda/ kosongkan saja.
3. Klik Lanjutkan.
4. Ketik komentar anda dan klik PUBLISH.
5. Bagi yang belum bisa berkomentar dengan HTML,silahkan klik disini.
6. Komentar yang kurang sopan,Spam/SARA otomatis akan kami hapus.

Terimakasih atas kunjungan Anda.